#

212 Mahasiswa Setia WS KKN di Grobogan

28 Februari 2018

GROBOGAN - Sebanyak 212 mahasiswa dari berbagai fakultas Sekolah Tinggi Agama Islam Walisembilan (Setia WS) Semarang, selama 20 hari (6-26 Februari) mengikuti kuliah kerja nyata (KKN) di Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan.

Ketua panitia, Mushonef Yahya menjelaskan, meski waktunya singkat mahasiswa Setia WS bersama masyarakat melakukan berbagai kegiatan fisik dan nonfisik. Kegiatan yang sifatnya nonfisik bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penghayatan dan pengamalan agama. ”Sambutan masyarakat Kecamatan Toroh sangat luar biasa.

Mereka benarbenar membaur dan menyatu dengan warga,” kata Mushonef. Ketua Setia WS, Fadil Hamim menjelaskan, KKN tidak sekadar melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi tetapi sekaligus menjadi tempat bagi mahasiswa menjalin silaturahmi dan membangun jaringan (networking) dengan berbagai lapisan masyarakat.

Dia mengharapkan pengalaman mahasiswa melakukan KKN di Kecamatan Toroh menjadi bekal dalam menerapkan ilmu di Masyarakat. Camat Toroh, Indartiningsih menyampaikan terima kasih atas kepercayaan wilayahnya menjadi lokasi KKN.

Dia merasa gembira karena kehadiran mahasiswa ke desa-desa sekaligus menjadi agen informasi dan menyampaikan informasi pembangunan yang bermanfaat untuk masyarakat. Salah satu peserta KKN, Musyrifah mengatakan waktu 20 hari memang sangat pendek untuk mengaplikasikan ilmu kepada masyarakat. ”Namun setidak- tidaknya kami ditantang untuk terjun membaur di tengah masyarakat dengan berbagai persoalan yang ada,” kata mahasiswi asal Banyumas itu. (B13-54)