Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

VISI, MISI DAN TUJUAN PRODI PGMI

Visi

Terwujudnya Guru Madrasah Ibtidaiyah yang berhaluan Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang terampil dalam pendidikan dan pengajaran di Madrasah Ibtidaiyah, berakhlak karimah serta unggul dalam Pengembangan Ilmu Pendidikan dan Keguruan.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang inovatif, kreatif, dan bermakna berbasis nilai – nilai Islam dan berwawasan kearifan lokal;

Menerapkan ilmu Pendidikan dan Keguruan Madrasah Ibtidaiyah melalui riset berbasis nilai – nilai Islam dengan prinsip – prinsip ahlus sunnah wal jamaah;

Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi hasil riset dan pengembangan bidang ilmu Pendidikan Keguruan Madrasah Ibtidaiyah;

Melakukan kerjasama dengan lembaga riset ilmu Pendidikan Keguruan Madrasah Ibtidaiyah di tingkat regional, nasional, dan internasional;

Melaksanakan pelayanan akademik yang prima.

Tujuan

Menghasilkan lulusan yang profesional, unggul, dan berdaya saing dalam bidang Ilmu Keguruan Madrasah Ibtidaiyah dan memiliki integritas kepribadian Islami ahlus sunnah wal jamaah;

Menghasilkan riset dan karya ilmiah di bidang Ilmu Keguruan Madrasah Ibtidaiyah yang berwawasan kearifan lokal;

Menghasilkan karya pengabdian masyarakat yang aplikatif dan berdayaguna.

 

STRUKTUR KURIKULUM

Profil Lulusan

a. Profil Lulusan utama

Profil utama lulusan Program Studi PGMI adalah guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah berhaluan Ahlussunnah wal jamaah yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir, berkemampuan dalam melaksanakan tugas dengan dedikasi mendidik.

b. Profil Tambahan Lulusan

Profil tambahan lulusan Program studi PGMI adalah peneliti, edupreneur dan penulis pendidikan dasar yang menguasai dan menerapkan pengetahuan,  teknologi serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi.

Deskripsi Kualifikasi Level 6 Pada KKNI

a. Deskripsi Umum

Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya Bangsa Indonesia, maka implementasi Sistem Pendidikan Nasional yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut:

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya;

Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia;

Mampu bekerjasama, memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya;

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain;

Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

b. Deskripsi Kualifikasi Level 6 Jenjang Sarjana (S1) Prodi PGMI:

Kualifikasi yang dimiliki adalah:

Mampu memanfaatkan IPTEK dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi dalam situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah, kemampuan yang dimiliki adalah:

Mampu mengaplikasikan konsep pedagogik dan didaktik pendidikan dasar untuk melakukan  perencanaan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Dasar pada MI dengan memanfaatkan IPTEK;

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian di bidang pendidikan dasar serta mempublikasikan hasilnya sehingga dapat digunakan sebagai alternatif penyelesaian masalah;

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis secara khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural, kemampuan yang dimiliki:

Memiliki kemampuan metodologis dalam mengaplikasikan teori pembelajaran, psikologi, evaluasi pembelajaran Pendidikan Dasar pada MI;

Memiliki kemampuan konseptualisasi dalam memaknai teori pembelajaran, psikologi, evaluasi pembelajaran Pendidikan Dasar pada MI;

Memiliki kemampuan untuk memahami konsep dalam memaknai teori pembelajaran, psikologi, evaluasi pembelajaran Pendidikan Dasar pada MI;

Memiliki kemampuan metodologis dalam mengaplikasikan teori Bahasa indonesia, PKn, IPS, IPA, dan Matematika pada Pendidikan Dasar pada MI;

Memiliki kemampuan konseptualisasi dalam memaknai teori Bahasa indonesia, PKn, IPS, IPA, dan Matematika pada Pendidikan Dasar pada MI;

Memiliki kemampuan untuk memahami konsep dalam teori Bahasa indonesia, PKn, IPS, IPA, dan Matematika pada Pendidikan Dasar pada MI;

Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data serta memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok, kemampuan yang dimiliki:

Mampu mengambil keputusan dalam merancang pembelajaran, implementasi pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran meliputi Bahasa Indonesia, PKn, IPS, IPA, Matematika dan Rumpun PAI pada Pendidikan Dasar MI;

Mampu menunjukan komitmen diri, meliputi ucapan, perbuatan, dan performance sebagai guru islami pendidikan dasar MI;

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi, dengan kemampuan:

Memiliki kemampuan berinisiasi tentang teori pendidikan dan pembelajaran pada Pendidikan Dasar pada MI;

Memiliki kemampuan berinovasi dalam mengaplikasikan teori pendidikan dan pembelajaran Bahasa Indonesia, PKn, IPS, IPA, dan Matematika pada Pendidikan Dasar pada MI;

Memiliki tenggung jawab secara keilmuan pedagogis dan konten mapel Bahasa Indonesia, IPS, PKn, IPA, dan Matematika pada bidang pendidikan Dasar pada MI;

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian Pembelajaran Bidang Sikap dan Tata Nilai

Capaian Pembelajaran Sikap (CPS)

Setiap lulusan program pendidikan akdemik, vakasi, spesialis, dan profesi harus memiliki sikap sebagai berikut:

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious;

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada bangsa dan Negara;

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan;

Capaian Pembelajaran Sikap Tambahan (CPST)

Lulusan program sarjana PGMI wajib memiliki sikap tambahan sebagai berikut:

Menjunjung tinggi nilai-nilai keIslaman berlandaskan ahlussunnah wal jamaah yang mencakup ketakwaan terhadap Allah SWT, penghargaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan, internalisasi nilai dan norma;

Menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Indonesiaan dan kemasyarakatan, meliputi: penghargaan terhadap keanekaragaman, nasionalisme dan tanggungjawab bernegara, dan berbangsa berdasarkan Pancasila;

Menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan akademik;

Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yang diembannya sebagai calon guru MI.

Capaian Pembelajaran Pengetahuan

Capaian Pembelajaran Pengetahuan (CPP)

Lulusan program sarjana PGMI  wajib memiliki pengetahuan sebagai berikut:

Kemampuan dalam penguasaan pengetahuan terkait dengan pengelolaan pembelajaran yang mendidik, kreatif, inovatif, produktif dan adaptif yang dicerminkan dengan kemampuan memahami landasan pendidikan, perkembangan peserta didik, pengembangan kurikulum, landasan pembelajaran, pengembangan perangkat pembelajaran, penilaian pembelajaran, penguasaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, kemampuan stimulasi peserta didik dalam pengembangan potensi diri dan mengaktualisasikannya secara tepat;

Kemampuan dalam penguasaan pengetahuan bidang keilmuan secara luas dan mendalam berkaitan dengan konsep, filosofi, metode disiplin keilmuan (body of knowledge) guru kelas (Bahasa Indonesia, PKn, IPS, IPA, Matematika dan Rumpun PAI) dan relevan dengan tuntutan standar isi satuan pendidikan dalam rangka  mewujudkan pembelajaran yang  mendidik, kreatif, inovatif, produktif dan adaptif;

Capaian Pembelajaran Pengetahuan Tambahan (CPPT)

Menguasai metodologi penelitian pendidikan dasar (peneliti);

Memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan dan kemampuan komunikasi publik (edupreneur dan penulis);

Memiliki pengetahuan manajemen (edupreneur);

Memiliki pengetahuan menulis ilmiah.

Capaian Pembelajaran Keterampilan

Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum (CPKU)

Lulusan Program Sarjana wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;

Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam perguruan tinggi;

Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penjelasan masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi;

Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan  keilmuan  dan kemampuan kerja;

Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik).

Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus (CPKK)

Mengaplikasikan  konsep   dan   prinsip   didaktik – pedagogis ilmu pendidikan dasar untuk merencanakan pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK yang berorierentasi pada kecakapan hidup (life skills);

Mengaplikasikan  konsep   dan   prinsip   didaktik – pedagogis ilmu pendidikan dasar untuk melaksanaan pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis IPTEK dan berorierentasi pada kecakapan hidup (life skills);

Mengaplikasikan  konsep   dan   prinsip   didaktik – pedagogis ilmu pendidikan dasar untuk melakukan evaluasi dengan memanfaatkan IPTEK yang berorierentasi pada kecakapan hidup (life skills);

Merancang dan melaksanakan penelitian serta melaporkan dan mempublikasikan hasilnya, sehingga  dapat  digunakan  sebagai  alternatif  penyelesaian  masalah  di bidang pendidikan dasar;

Mampu  mengambil   keputusan   strategis   di   bidang   pendidikan   dasar berdasarkan informasi dan data  yang relevan;

Mampu  mengelola  sumber     daya  pendidikan  dasar,  organisasi,  dan mengkomunikasikan  hasil  pengelolaannya  secara  bertanggung  jawab  kepada pemangku kepentingan;

Mampu berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungan kerja dan msyarakat baik lokal, nasional, regional, maupun intenasiona

Capaian Pembelajaran Keterampilan Tambahan (CPKT)

Mampu membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar;

Mampu menghafal Al-Qur’an juz 30;

Mampu melaksanakan ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah praktis digunakan di masyarakat;

Mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam pendidikan dasar;

Mampu mempublikasikan gagasannya yang berkaitan dengan bidang pendidikan dasar.