Tata Pamong

Tata pamong adalah suatu sistem yang dapat menjadikan kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu berjalan secara efektif di dalam universitas/institusi yang mengelola program studi. Hal-hal yang menjadi fokus di dalam tata pamong termasuk bagaimana kebijakan dan strategi disusun sedemikian rupa sehingga memungkinkan terpilihnya pemimpin dan pengelola yang kredibel dan sistem penyelenggaraan program studi secara kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan menerapkan prinsip-prinsip keadilan.

Organisasi dan sistem tata pamong yang baik (good governance) mencerminkan kredibilitas, transparansi, akuntabilitas, tanggungjawab dan keadilan Sekolah Tinggi dalam mengelola program studi.

Secara ringkas sistem dan pelaksanaan tata pamong di Sekolah Tinggi untuk memilih pemimpin dan membangun sistem tata pamong yang kredibel, akuntabel, transparan, bertanggung jawab dan adil.

Sistem tata pamong berjalan secara efektif melalui mekanisme yang disepakati bersama, serta dapat memelihara dan mengakomodasi semua unsur, fungsi, dan peran dalam institusi perguruan tinggi. Tata pamong didukung dengan budaya organisasi yang dicerminkan dengan ada dan tegaknya aturan, tatacara pemilihan pimpinan, etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi serta pedoman dan prosedur pelayanan (administrasi, perpustakaan, dan laboratorium). Sistem tata pamong (input, proses, output dan outcome serta lingkungan eksternal yang menjamin terlaksananya tata pamong yang baik) diformulasikan, disosialisasikan, dilaksanakan, dipantau dan dievaluasi dengan peraturan dan prosedur yang jelas, sesuai dengan SOP terlampir.

Pemangku tata pamong di Sekolah Tinggi Agama Islam Walisembilan Semarang (SETIA WS) telah ditetapkan sesuai dengan peraturan yang disusun Sekolah Tinggi berdasarkan statuta SETIA WS. Pimpinan Sekolah Tinggi dipilih berdasarkan kompetensi, kemampuan psikologis, integritas berdasarkan pilihan senat di perguruan tinggi, sehingga terpilih pimpinan sekolah tinggi yang kredibel dan dapat diterima oleh seluruh warga SETIA WS.

Dalam melaksanakan tugasnya seluruh unsur dalam tata pamong menggunakan TUPOKSI sesuai dengan jabatannya masing-masing, langkah-langkah pelaksanaan tugas telah diatur dalam pedoman operasional SETIA WS.

Untuk menjamin akuntabel dan tanggungjawab tata pamong maka pimpinan sekolah tinggi membuat laporan pertanggungjawaban setiap satu tahun sekali dan dilaporkan dalam rapat SENAT dan pengurus Yayasan al Jamiah Al Masyhariyah Borang Institusi SETIA WS, Akreditasi PS PAI 2018 9 Semarang. Laporan pertanggungjawaban ini juga dijadikan sebagai pedoman dalam penyusunan rencana kerja tahun berikutnya. Untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat Adhoc, panitia pelaksana diwajibkan membuat laporan pelaksanaan kegiatan disetiap akhir kegiatan.